OSN XI 2009 Jakarta

sesuai janji di post sebelumnya, ini share pengalaman waktu OSN XI di Jakarta kemaren

dari awal banget ya

aku emang udah berjanji buat mengabdi sama SMA-ku
maka aku selalu rajin (lebih tepatnya segera melaksanakan saat diminta.. kalo nggak diminta lupa soalnya) mengirim latihan soal untuk adik-adikku di almamater tercinta
lewat Pamong (panggilan buat guru di SMA-ku) pengajar CESIUM (nama Tim Kimia SMA-ku – fyi nama ini kepanjangannya Chemical Squad with Incredible and Unbeatable Members.. dan pengusul namanya sama dengan blogger blog ini😛 *ceritanya pamer)
Pamong yang setia itu namanya Pak Henang
beliau termasuk salah satu orang berjasa di kehidupanku
yang mbantu aku sampai di kondisi seperti sekarang
btt
aku kirim soal biar adik-adikku bisa latihan
dan kelihatan siapa calon peraih medali berikutnya

selain ke SMA-ku sendiri, aku juga direkrut buat ngajar di beberapa SMA lain
panggilan ini sifatnya kontrak dengan sebuah lembaga wadah pengajar olimpiade sains (nggak mau promosi, nggak nyebutin nama)
aku sempet ngajar SMA 81 Jakarta dan SMA 1 Padang Panjang untuk persiapan OSP tahun ini
nggak banyak.. soalnya aku emang udah bertekad nggak mau banyak ngajar.. secara lab penelitian udah mulai.. dan ngembangin adek baru calon penerus.. kasih kesempatan buat dia
dan untuk persiapan OSN, aku ngajar MAN Insan Cendekia Gorontalo.. dan -melanjutkan tradisi tahun lalu- Tim Kimia Provinsi Jawa Tengah
Kalo MAN IC, sama dari lembaga pengajaran
kalo Tim Jateng.. murni pengen ndidik calon penerus pembawa nama harum provinsiku tercinta
sayangnya.. aku cuma ketemu anak Jateng sehari.. kebagian jatah dari dosen sebuah universitas yang diminta ngebantuin pengajaran OSN ini.. cuma dikasih sehari.. kecewa sih.. nggak sempet ngasih banyak.. tapi semoga bermanfaat
dan aku ngajar MAN IC 5 hari.. di Jakarta.. tepatnya di Pusdiklat Kementrian Agama

fyi.. si MAN IC ini adalah Madrasah Aliyah unggulan yang ditunjuk Kementrian Agama
sekolah ini kayak SMA-ku : berasrama..
tapi topiknya jauh beda.. SMA-ku militer.. ini religi
makanya.. kami ditempatkan di Pusdiklat Kemenag tersebut

dan di pelatihan itu aku bareng temen-temen OSN 2008-ku
yang juga temen SMA-ku sendiri
Mahdi Mahendra (Perunggu, OSN VII Fisika – Fisika ITB 2009) dan Timbul Jaya Aruan (Perunggu, OSN VII Biologi – Hukum UI 2009.. yup hukum.. percaya ato nggak anak hukum ngajar olimpiade biologi)
seneng deh bisa ngumpul bareng
pelatihan ini dari 27 – 31 Agustus

dan waktu hari-hari terakhir pelatihan aku dapat call dari pembina Tim OSN Jateng (yang udah aku anggep Ibu sendiri) Bu Titin
beliau nawarin :
“Dim, mau jadi pendamping tim kimia di OSN Jakarta nggak? nanti udah disiapin hotel dan tiket pulang ke Semarang”
dan kebetulan aku ada urusan di Jakarta
alhamdulillah.. sekalian lah..
jadilah aku pendamping tim kimia OSN dari Jateng

OSN dilaksanakan 2-7 September 2012 di Jakarta
setahuku.. tadinya mau diadakan di Balikpapan
cuma entah kenapa nggak jadi

tanggal 2 September ada pembukaan di Padepokan Pencak Silat TMII
aku belum datang.. masih di Bandung waktu itu
tanggal 3 September siang, aku baru nyampe Jakarta
dan langsung ke Hotel Kartika Chandra
tempat anak Kimia, Fisika, Matematika, dan Biologi nginep
di situ aku ikut Technical Meeting
dan tim panitianya.. sama seperti tahun lalu.. dosen dari UI
Pak Riwandi Sihombing, Pak Ismunaryo Munandar, dan Pak Riswiyanto..
nostalgia deh ketemu dosen-dosen pembimbing pelatnas IChO

tim kimia Jateng ada 11 tahun ini
Dessi (adek SMA-ku)
Afif (SBBS Sragen)
Taufik (SBBS Sragen)
Afiansyah (Andong, Boyolali)
Arinal (Purbalingga)
Ayuk (Surakarta)
Bagus (Klaten)
Sarwendah (Kudus)
Tiwi (Wonogiri)
Iwan (Sukoharjo)
dan Aqila (Semesta)

aku ketemu mereka lagi dan memperkenalkan diri sebagai “pendamping”
yah.. aku lebih ngerasa jadi kakak mereka sih
sempet ngobrol sedikit dan makan bareng
aku lanjut ke Hotel Kaisar
tempat aku dan pendamping Jateng lain
juga anak Komputer, Ekonomi, Kebumian, dan Astronomi
nginep
dan aku sekamar bareng kakak kelas.. mantan Elektro ITB, dulu SMA Semesta, dan salah satu best friend-ku di ITB : Lorenz Van Gugelberg Da Silva (sori kalo salah nulisnya ya, Bi), yang jadi pendamping Astronomi
pendamping Jateng lain ada Pak Biyanto (SMA 3 Semarang, Fisika), Pak Basuki (SMA 1 Purwokerto, Matematika), Pak Heru (maaf Pak, nggak tau asal SMA-nya tapi Ekonomi), Bu Pur (SMA 1 Salatiga, Biologi), Bu Susan (SMA Semesta BBS, Kebumian), dan Pak Umar (SMA Taruna Nusantara, Komputer)

selama OSN berlangsung, kami ikut ke tempat kejadian perkara
tempat ujian maksudnya
Eko, Astro, dan Komp semua di UI
Fis dan Mat di SMA 28 Jakarta
Bio di SMA Thamrin.. daerah Jakarta mana gitu enggak terlalu tau
Kebumian.. muter-muter.. sempet ke pantai di Tangerang juga buat ujian praktek
dan aku, Kimia, di SMA 70 Jakarta

day 1, 4 September
practical exam
soalnya dua.. seperti biasa : anorganik dan organik
anorganiknya luar biasa
luar biasa sederhana tapi tricky
jadi ceritanya ujiannya adalah standardisasi HCl
pake Na2CO3 sama boraks
simpel
tapi disuruh nentuin indikatornya PP ato MM
dan seperti temen-temen sudah duga, harusnya sih duaduanya pake PP
tapi banyak juga ternyata yang pake MM
organiknya juga luar biasa
luar biasa sederhana juga maksudnya cuma agak capek
sintesis.. nitrasi sih tepatnya.. but without solvent
saya kagum sama yang bikin soal kok kepikiran ya😀
terakhir di KLT deh

day 2, 5 September
theoretical exam
8 soal esai yang juga sangat-sangat luar biasa
sekali lagi luar biasa sederhana
aku pengen upload soalnya tapi belum punya.. mungkin beberapa saat lagi pengen aku upload aja

adek-adekku sih katanya lumayan bisa
dan akhirnya ya lumayan

4 perak : Dessi, Taufik, Bagus, Tiwi
3 perunggu : Iwan, Arinal, Afif
info lengkap tentang hasil OSN ada di sini

ini ada foto mereka

kikeka : Tiwi, Endah, Dessi(jongkok), Ayuk, Arinal, Afif, Afian(nongol kepala doank), Bagus, Taufik

dan alhamdulillah
Jawa Tengah kembali menyabet juara umum
dengan peraih medali emas SD dan SMP sama dengan Jakarta, 2 dan 5
tetapi di SMA, menang tipis 12 vs 11
jadilah Jawa Tengah juara umum

senang bisa ikut
berpartisipasi dalam kegiatan ini
dan sangat senang karena bisa jadi pendamping
bangga sama adik-adik
semangat terus ya

sekian post ini
seperti biasa.. panjang -___-

adios

Leave a Reply

