Sumbawa – pulau kecil yang panas

Yupzie.. kali ini mau cerita seputar Sumbawa
apa yang kebayang kalo denger “Sumbawa”?
kalo aku sih langsung inget iklan yang suaranya menggelegar di radio
“Susu Kuda Liar Sumbawa!! Menyembuhkan penyakit dan menyehatkan badan”
ato macem itu lah..hehe

aku nggak bisa ceritain semua tentang Sumbawa..
cuma tau Sumbawa Besar nya aja sih.. daerah Bima dan lainnya aku belum menjamah secara langsung
tapi ini pengalamanku

kalau mau ke Sumbawa, kita harus terbang dulu ke Mataram, ibukota NTB yang ada di Pulau Lombok
dari Mataram, ada dua pilihan buat nyeberang ke Sumbawa :
1. Naik pesawat kecil macem capung gitu yang entah kapan berangkatnya.. katanya sih itu pesawat nggak tentu berangkat ato nggak.. tergantung ada nggak nya penumpang dan angin kenceng ato nggak.. so I don’t recommend this way for you
2. Naik travel selama kurang lebih 6 jam darat dan 2 jam ferry.. travel ini dulu (2011) harganya 100ribu per orang.. udah tinggal duduk.. cukup nyaman dan gede.. tidur juga enak.. aku biasa ambil yang jam 6 sore.. nyampe Sumbawa kira-kira jam 2 pagi

Sumbawa ini sebenernya nama pulau
kota terbesarnya namanya Sumbawa Besar
nah.. yang aku punya pengalaman itu di Sumbawa Besar ini

ada dua tempat nginep yang pernah aku coba
1. Hotel Cirebon, hotel yang letaknya nggak jauh dari kantor pemerintahan.. hotel ini cukup nyaman.. ada beberapa kelas kamar.. umumnya ada AC-nya jadi bisa menawar kepanasan yang dipunyai Sumbawa Besar ini.. harganya lumayan.. antara 200-400 per malam tergantung kelasnya.. di hotel ini ada restoran yang menunya cukup enak.. terutama tahu telurnya..
2. Hotel Tambora, hotel yang letaknya bisa kelihatan dari jalan utama dan persis di sebelah kantor pemerintahan.. hotel ini agak lebih mewah daripada Hotel Cirebon.. bentuk kamarnya kayak rumah pribadi.. tapi kamar mandinya berupa kamar mandi terbuka.. soal makanan di sini.. aku kurang tahu
sayangnya.. saya cuma punya foto di Hotel Tambora

bisa kelihatan (yah walopun agak messy) kamarnya luas bahkan buat belajar bareng juga bisa..

hal yang menarik di sini antara lain :
1. Pelecing kangkung.. makanan yang.. etahlah apakah ini khas atau baru aku temuin di sini.. tapi sangat berkesan.. why? karena makanan ini bikin sakit perut luar biasa saking puwedesnya.. pedesnya jahat.. nggak nanggung-nanggung.. kalo mau coba, silakan ke emperan jalan di deket Hotel Tambora.. kalo dari jalan besar, di sebelahnya Kantor Pemerintahan bakal ada “Swalayan” Dinasty.. di deket situ ada jalan masuk (semacam gang cukup besar).. nah di situlah ada Hotel Tambora dan kalo luruuus terus, ketemu Hotel Cirebon.. di jalan itu, sebelah kiri jalan, kalo udah malem, ada tukang jual sate.. entah lupa sate apa.. kalo g salah sate kerang.. di situ juga jualan tuh pelecing kangkung yang puwedes luar binasa.. try it if you dare
2. Pantai.. entah lupa namanya pantai apa.. yah sebenernya pantainya nggak bagus-bagus amat.. apalagi kalo dibandingin sama Senggigi yang ada di Lombok.. agak kotor sih.. dan pasirnya hitam.. tapi di sini ada tempat makan yang cukup enak.. makanan laut yang dibikin dengan bumbu khas Sumbawa.. aku lupa namanya.. tapi patut dicoba.. minumnya? es degan langsung dari kelapa bulat.. dikasih sedikit madu.. hemm.. enaknyoh.. pantai di sini bukan buat menikmati keindahan atau berenang.. tapi buat makan dan ngobrol bareng kolega

3. Madu Sumbawa.. oleh-oleh yang wajib dibawa kalo abis dari Sumbawa.. aseli banget itu madu.. diambil langsung tanpa dikasih macem-macem.. tapi belinya nggak di sembarang tempat.. ada sih di swalayan yang botolan.. murah tapi kayaknya uda bercampur.. kalo bisa beli yang jirigen.. mahal sih..tapi amat meyakinkan kalo aseli.. tanya aja penduduk di sana..
4. Susu kuda liar.. say a big no no for this.. kecuali kalo emang butuh pengobatan.. susunya bukan susu yang bisa diminum saat haus kayak susu sapi.. rasanya bau rumput dan pahit.. soal khasiat.. memang menyehatkan.. tapi sekali lagi.. bukan susu untuk diminum

ah.. cerita kali ini sedikit ya?
emang cuma segitu pengalamanku di Sumbawa
kalo mau ke Sumbawa, wajib bawa kipas ya.. panas teuing
sampai jumpa di post berikutnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s